Workshop Stakeholders Analysis and Conflict Resolution

  • LOKASI
  • JAKARTA
  • JADWAL
  • 11-12 Desember 2017
  • INVESTASI
  • Rp. 2.000.000

Masyarakat adalah satu kesatuan sistem yang saling terintegral dan mempengaruhi satu dengan yang lainnya, diikat oleh sebuah satuan kepentingan sosial yang kompleks dimana didalamnya terdapat actor (individu), organisasi, jejaring social.Interaksi antar berbagai kelompok kepentigan sosial dalam masyarakat  menghasilkan hal positif maupun negatif, mutualistik maupun konfliktual.

Berbagai program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pelaku pemberdayaan masyarakat sering menghadapi masalah terkait dengan konflik sosial dalam berbagai dimensi.Dimensi konflik sosial bisa berbasis pada konflik perebutan sumberdaya, perbenturan kepentingan maupun perbedaan afiliasi sosial. Konflik bisa bersifat nyata (manifest) maupun tidak nampak (laten). Seringkali konflik menghambat implementasi program, sehingga program berjalan tidak sesuai rencana semula.

Analisis aktor dan kepentingan dalam masyarakat merupakan sebuah cara untuk memetakan konfigurasi aktor, peran, kepentingan, afiliasi, kekuatan dan kelemahan serta jejaring sosial yang bermanfaat dalam desain intervensi baik pada tataran program maupun penyelesaian konflik sosial. Sementara itu pemahaman terhadap tipologi konflik, sifat dan dimensi konflik serta penerapan langkah langkah mediasi dan komunikasi merupakan inti dari pendekatan resolusi konflik.Pelatihan stakeholder analisis dan resolusi konflik ini sangat penting bagi perencana dan pelaku lapangan dari berbagai isu seperti pemberdayaan masyarakat maupun konservasi lingkungan hidup dari berbagai organisasi baik pemerintah, swasta, LSM maupun organisasi rakyat.

Atas dasar pertimbangan tersebut di atas Yayasan Penabulu dan Kalingga Institute merancang sebuah Workshop “Stakeholders Analysis and Conflict Resolution” yang akan membahas prinsip, metode dan teknik-teknik dalam penerapan partisipasi masyarakat secara mendalam.

Materi:

  • Konsep dasar  Stakeholders Analysis and Conflict Resolution
  • Mengenal metoda dan teknik Stakeholders Analysis
  • Simulasi metode dan teknik Stakeholders Analysis
  • Penyusunan laporan hasil

Sasaran Peserta: Training ini ditujukan untuk CSR perusahaan, pemerintah maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Fasilitas: Konsumsi, Modul, Pelatihan Kit, Sertifikat

Download Formulir Pendaftaran

Alamat:

Komplek Paminda
Jalan Bambu Ampel II
Blok C No. 11, Pasar Minggu
Jakarta Selatan 12520

Phone:
(021) 7801603

Kontak Person:

Rifky  :
0857-1038-1987 / rifkymochamad8@gmail.com

Misan :
0899-6807-793 / misanmsi@gmail.com