Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship Development)

  • LOKASI
  • JAKARTA
  • JADWAL
  • 18-20 April 2017
  • INVESTASI
  • Rp. 2.500.000

Keberlanjutan (sustainability) merupakan isu yang seringkali muncul dalam konteks pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS/LSM) di Indonesia. Keberlanjutan yang dimaksud lebih mengarah pada bentuk financially self-sustained (kemandirian secara keuangan) yang bertujuan akhir pada peningkatan kualitas hidup masyarakat (baca: kelompok masyarakat). Berbagai bentuk wirausaha sosial di masyarakat mulai muncul dengan adanya kemauan dan semangat masyarakat untuk membangun hidup yang lebih sejahtera dan mandiri.

Kewirausahaan Sosial pada dasarnya memadukan semangat sosial dan bisnis dalam kegiatan usaha yang diharapkan terjamin keberlanjutannya sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Pencarian keseimbangan antara bisnis dan sosial masih menjadi tantangan bagi para pelaku/pekerja sosial yang mendampingi (baca: memberdayakan) masyarakat. Entitas usaha yang dilakukan oleh masyarakat diupayakan agar menghasilkan dampak sosial yang berarti dan terukur, tapi juga memberikan keuntungan bisnis bagi usaha yang dibangun.

Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Sosial yang diselenggarakan oleh Unit Layanan Learn, menyediakan cara-cara praktis yang akurat untuk mengembangkan sebuah entitas bisnis yang berdampak sosial. Mari temukan dan ikuti tahapan dan kita-kiat jitu untuk mengembangkan bisnis sosial di masyarakat melalui Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Sosial.

Tujuan Umum Pelatihan: 

Menambah pengetahuan dan ketrampilan para pekerja sosial kemasyarakatan, koperasi dan masyarakat sebagai pelaku wirasusaha sosial (social entrepreneurs) dalam pengembangan kewirausahaan sosial (social entrepreneurship) yang berkelanjutan.

Tujuan Khusus (Keluaran) Pelatihan:

  • Peserta memahami kewirausahaan sosial dan perkembangannya
  • Peserta memahami langkah-langkah assessment dan analisa potensi pasar menggunakan metode VCD (Value Chain Development) dan M4P (Making Market Work For The Poor)
  •  Peserta memahami penyusunan kerangka business plan
  • Peserta memahami strategi pemasaran
  • Peserta memahami analisis keuangan/kelayakan usaha

Materi Pelatihan:

  • Pengantar tentang Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship)
  • Analisa Potensi Usaha (Value Chain Development)
  • Analisa Potensi Usaha (Making Market Work For The Poor)
  • Teknik Merancang Business Plan
  • Marketing Plan
  •  Analisa Keuangan/kelayakan usaha

Pemateri/Narasumber Pelatihan: Pemateri/narasumber pelatihan memiliki latar belakang pendidikan dan berpengalaman dalam mengelola social business.

Download Formulir Pendaftaran

Alamat:

Komplek Paminda
Jalan Bambu Ampel II
Blok C No. 11, Pasar Minggu
Jakarta Selatan 12520

Phone:
(021) 7801603

Kontak Person:

Rifky  :
0857-1038-1987 / rifkymochamad8@gmail.com

Misan :
0899-6807-793 / misanmsi@gmail.com