Pasca Reformasi, peran masyarakat sipil mulai mendapatkan tempat dalam mendorong perubahan sistem bernegara di Indonesia. Menguatnya peran masyarakat sipil ini menjadi kontrol atas kebijakan pemerintah dalam pembangunan. Kontrol yang muncul dari masyarakat sipil sebagai petanda tumbuhnya iklim demokrasi di Indonesia.

Komunitas sebagai bagian dari masyarakat sipil di Indonesia sebagaimana diuraikan di atas memiliki peran penting dalam pembangunan yang berkeadilan, namun seringkali terlupakan. Kepentingan mereka lebih banyak tersalurkan melalui LSM dan Ormas. Padahal, kepentingan komunitas tersebut sangat beragam dan bisa saja tidak terpahami secara utuh oleh organisasi diluar diri mereka.

ENZIMO (Katalis Katalisator) adalah salah satu unit kerja Yayasan Penabulu yang didedikasikan untuk mendorong dan mengkatalisasi lahirnya agen-agen perubahan pada tingkat komunitas. Seperti makna namanya, agen-agen perubahan atau katalisator pada tingkatan tersebut diharapkan dapat berperan dan berfungsi sebagai enzim pendorong dinamika perubahan sosial di masyarakat (enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis atau senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis dalam reaksi kimia itu sendiri).

Penguatan Komunitas diantaranya adalah: