“In a world of change, the learners shall inherit the earth, while the learned shall find themselves perfectly suited for a world that no longer exists.”

― Eric Hoffer

Peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan organisasi nirlaba (khususnya LSM) telah coba diupayakan Yayasan Penabulu melalui berbagai cara, baik melalui kegiatan reguler seperti seminar, lokakarya, workshop dan pelatihan penguatan kapasitas pengelolaan keuangan; melalui dukungan donor bagi pendampingan penguatan kapasitas personil dan pengembangan sistem pengelolaan keuangan organisasi; serta melalui cara-cara inovatif lainnya, terutama pengembangan komunitas keuangan LSM.

Pengalaman Penabulu dalam menguatkan kapasitas pengelolaan keuangan organisasi nirlaba selama lebih dari satu dekade terakhir, membawa Penabulu bersentuhan dengan elemen pengelolaan organisasi yang lain. Penabulu kemudian sampai pada kesimpulan dan keyakinan baru, bahwa transparansi, akuntabilitas serta keberlanjutan organisasi tidak hanya bisa dibangun di atas pilar pengelolaan keuangan belaka.

Maka pada awal 2012, Penabulu mencoba mengembangkan Learn!, unit kerja Yayasan Penabulu sebagai pusat pembelajaran bagi organisasi nirlaba dengan titik tekan baru selain pada aspek pengelolaan keuangan juga pada aspek perencanaan, monitoring dan evaluasi, aspek pengelolaan sumber daya manusia, aspek pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi dan aspek penggalangan sumber daya.

Learn! akan mencoba untuk memberikan ruang bagi proses pembelajaran dan pertumbuhan bersama masyarakat sipil di Indonesia.

Membangun kecakapan, menguatkan kapasitas, adalah salah satu upaya vital kita sebagai individu, kelompok maupun sebagai organisasi untuk dapat tetap menjadi relevan dalam merespon setiap perkembangan dinamika dan pengaruh eksternal yang bergulir sungguh cepat saat ini. Karena kita sadar bahwa hanya perubahan-lah yang abadi di dunia ini.

 

Salam!