Semiloka Pengenalan Dasar Pengelolaan Pengetahuan Organisasi Nirlaba

  • LOKASI
  • JAKARTA
  • JADWAL
  • 18-19 September 2017
  • INVESTASI
  • Rp 2.500.000

Kenapa Organisasi Masyarakat Sipil Harus Mengelola Pengetahuan?
Karena pengelolaan pengetahuan akan menjamin pertumbuhan dan keberlanjutan organisasi: pengelolaan pengetahuan akan menguatkan radar sensitivitas dan menguatkan daya ungkit sumber daya organisasi yang lainnya.

Pengelolaan pengetahuan akan menyasar 3 dimensi organisasi yaitu dimensi obyek, agen dan konteks. Hirarki pengetahuan akan terdiri dari atas informasi pengetahuan dan kebijaksanaan. Pengetahuan mencakup pengetahuan explicit dan tacit.

Seperti Apa Bentuk Peta Arus dan Alur Pengetahuan di dalam Organisasi Nirlaba?
Muara pengetahuan atau ingatan organisasi terbangun dari 2 arus pengetahuan, yang masing-masing membutuhkan model pengelolaan khusus: arus pengalaman akan dikelola menggunakan pendekatan budaya organisasi dan arus informasi akan dikelola menggunakan pendekatan sistemik.

Bagaimana Peta Jalan Menuju Pertumbuhan dan Keberlanjutan Organisasi Nirlaba?
Untuk membuat muara pengetahuan atau ingatan organisasi mampu menjamin pertumbuhan dan keberlanjutan organisasi maka dibutuhkan spiralisasi dan konversi pengetahuan, yang dikelola dalam organisasi pembelajar. Terdapat 3 elemen utama pembentuk kondisi pemungkin pengelolaan pengetahuan pada organisasi pembelajar yaitu: budaya organisasi, sistem, dan satu elemen baru yaitu: teknologi, terutama TIK – teknologi informasi dan komunikasi.

Kapan, di Mana dan Bagaimana Pengetahuan Organisasi Lahir?
Tantangan utama pengelolaan pengetahuan organisasi nirlaba: seberapa jauh organisasi nirlaba mampu melahirkan pengetahuan? Baik bagi masing-masing individu, organisasi dan  jaringan, juga bagi komunitas, masyarakat luas dan bangsa.

Pengelolaan Pengetahuan Organisasi Nirlaba Sesungguhnya Bermakna Ganda:
Bagaimana kita mampu melahirkan, memproduksi pengetahuan dan bagaimana kemudian kita mampu mengelola pengetahuan tersebut untuk mendukung pencapaian tujuan-tujuan organisasi, serta lebih jauh lagi bagaimana pengelolaannya akan mampu melahirkan pengetahuan-pengetahuan baru secara berkesinambungan.

Peserta:

Lokalatih ini diperuntukkan bagi pimpinan organisasi dan para personil utama yang akan terlibat aktif dalam pengelolaan pengetahuan organisasi masing-masing.

Materi:

Materi yang akan disampaikan dalam 2 hari Lokalatih Pengelolaan Pengetahuan adalah sebagai berikut:

  • Kenapa ONL harus mengelola pengetahuan?
  • Pemetaan arus dan alur pengetahuan dalam ONL
  • Konversi dan spiralisasi pengetahuan demi keberlanjutan ONL
  • Muara dari dua arus pengetahuan ONL
  • Melahirkan dan memproduksi pengetahuan ONL

Fasilitas: Konsumsi, Modul, Pelatihan Kit, Sertifikat

Download Formulir Pendaftaran

Alamat:

Komplek Paminda
Jalan Bambu Ampel II
Blok C No. 11, Pasar Minggu
Jakarta Selatan 12520

Phone:
(021) 7801603

Kontak Person:

Rifky  :
0857-1038-1987 / rifkymochamad8@gmail.com

Misan :
0899-6807-793 / misanmsi@gmail.com