• Jalan Palapa 2 No. 4, Pasar Minggu, Jakarta
  • (+62) 21 22783128

Detail


Mobilisasi Sumber Daya OMS: Maksimalisasi Pemanfaatan TIK Dalam Kerja-kerja Penggalangan Sumber Daya Organisasi Masyarakat Sipil

Training Descriptions

LATAR BELAKANG

Teknologi merupakan alat atau sarana teknis yang digunakan manusia untuk meningkatkan perbaikan/penyempurnaan lingkungannya. Teknologi merupakan suatu pengetahuan tentang cara menggunakan alat dan mesin untuk melaksana kan tugas secara efisien. Selain itu, teknologi dapat juga dikatakan sebagai pengetahuan, alat, dan sistem yang digunakan untuk membuat hidup lebih mudah dan lebih baik. Melalui pemanfaatan teknologi memungkinkan orang dapat berkomunikasi dengan lebih baik dan lebih cepat. Teknologi ada di mana-mana dan dapat membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bisa diartikan sebagai payung besar yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Dalam TIK terdapat 2 konsep yang sangat tidak terpisahkan:

  • Teknologi informasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi.
  • Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses serta mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain.

Untuk itu dalam pengertian sederhananya, TIK adalah semua kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, manipulasi, pengelolaan dan juga pemindahan informasi antar media yang satu ke media yang lain. Dewasa ini, perkembangan TIK sangat berkembang pesat. Teknologi informasi yang semakin canggih dan dapat diandalkan dalam mendukung segala aktivitas baik organisasi, individu dan sosial. Sedangkan peran aplikasi teknologi informasi saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan, sekaligus menjadi tempat bergantung para penggunanya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan.

Pada organisasi penggalang sumber daya, peran TIK menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh organisasi dalam era milenial ini. Organisasi Masyarakat Sipil di Indonesia memiliki peran sebagai penyeimbang bagi pemerintah dan organisasi profit. Oleh sebab itu TIK menjadi bagian penting untuk mendukung pelaksanaan mobilisasi sumber daya. Salah satunya sebagai alat dan media kunci bagi komunikasi OMS, baik di tingkat internal organisasi maupun untuk keperluan komunikasi eksternal organisasi kepada para pemangku kepentingan terkait dengan isu yang dikelolanya. Akan tetapi belum semua Organisasi Masyarakat Sipil mampu mengelola dan memanfaatkan TIK dengan tepat.

Sebagian besar organisasi hanya memanfaatkan TIK di area media sosial, website dan email, meskipun secara pemanfaatannya juga belum sepenuhnya maksimal. Penggunaan website dan media sosial hanya terbatas pada kepemilikan tanpa dikelola dengan intens. Belum banyak organisasi yang memanfaatkan TIK untuk mengelola pengetahuan yang dimiliki. Keterbatasan sumber daya sebagai pengelola baik secara pengetahuan maupun dana mempengaruhi organisasi untuk meletakkan kepentingan pengelolaan TIK organisasi menjadi kebutuhan sekunder atau bahkan tersier dalam sebuah organisasi.

 

TUJUAN

Tujuan pelaksanaan Pelatihan Maksimalisasi Pemanfaatan TIK Dalam Kerja-kerja Penggalangan Sumber Daya Organisasi Masyarakat Sipil adalah memberikan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan Organisasi Masyarakat Sipil di Indonesia dalam memaksimalkan TIK untuk mendukung kerja-kerja organisasi, antara lain:

  1. Peningkatan pemahaman Organisasi Masyarakat Sipil tentang pentingnya Teknologi, Informasi dan Komunikasi sebagai pendukung kerja-kerja organisasi.
  2. Peningkatan pemahaman dan ketrampilan Organisasi Masyarakat Sipil dalam memaksimalkan kerja-kerja organisasi berbasis TIK
  3. Peningkatan pemahaman dan keterampilan Organisasi Masyarakat Sipil dalam memanfaatkan TIK dalam pelaksanaan penggalangan sumber daya.

 

HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan dengan adanya Pelatihan Maksimalisasi Pemanfaatan TIK Dalam Kerja-kerja Penggalangan Sumber Daya Organisasi Masyarakat Sipil, antara lain:

  1. Organisasi Masyarakat Sipil memahami tentang pentingnya Teknologi, Informasi dan Komunikasi sebagai pendukung kerja-kerja organisasi.
  2. Organisasi Masyarakat Sipil mampu memanfaatkan TIK dalam melakukan kerja-kerja organisasi.
  3. Organisasi Masyarakat Sipil memahami dan bisa mengimplementasikan TIK dalam kerja-kerja penggalangan sumber daya.
  4. Organisasi Masyarakat Sipil mampu menyusun perencanaan penggalangan sumber daya berbasis TIK.

 

METODE

Pelatihan Pelatihan Maksimalisasi Pemanfaatan TIK Dalam Kerja-kerja Penggalangan Sumber Daya Organisasi Masyarakat Sipil akan dilaksanakan selama 2 hari, diselenggarakan menggunakan model belajar orang dewasa, dimana partisipasi dan keterlibatan peserta akan menjadi landasan utama bagi metode pembelajaran bersama pada pelatihan ini.  

Materi akan disampaikan oleh trainer dan co-trainer dengan memberikan ruang tukar pengalaman antar peserta dan simulasi bagi peningkatan keterampilan teknis serta diskusi/kerja kelompok untuk menghasilkan rencana tindak lanjut yang akan dapat menjadi panduan operasional masing-masing organisasi setelah pelatihan.

 

Materi yang akan disampaikan dan menjadi bahan diskusi dalam pelaksanaan Pelatihan Maksimalisasi Pemanfaatan TIK Dalam Kerja-kerja Penggalangan Sumber Daya Organisasi Masyarakat Sipil antara lain:

  1. Konsep dan Tujuan Penggunaan TIK Bagi OMS 
  2. Digital Fundraising
  3. Optimalisasi Media Sosial Sebagai Alat Mobilisasi Sumber Daya Organisasi Masyarakat Sipil

 

PESERTA

Peserta yang diharapkan untuk mengikuti Pelatihan Maksimalisasi Pemanfaatan TIK Dalam Kerja-kerja Penggalangan Sumber Daya Organisasi Masyarakat Sipil adalah:

  • Program Manager atau pemegang keputusan dalam sebuah program, atau
  • Program Manager atau pemegang keputusan dalam divisi Publikasi dan komunikasi, atau
  • Staff Program dalam divisi Publikasi dan komunikasi

Training Fee

Rp. 3.500.000
  • TypePelatihan Publik
  • StatusOpen
  • Registration Duedate7 December 2018
  • Payment Duedate7 December 2018
  • Min Quota10
  • Max Quota20

When

  • Date: 14 – 16 January 2019
  • Time: 09.00 - 17.00 WIB

Where

  • Location: DI Yogyakarta
  • Venue: TBA
  • Map:

Organizer

Trainer

  • To be affirmative

Contact Person


SIGN IN

Forgot Password

479 queries, 0.853 seconds.