• Jalan Palapa 2 No. 4, Pasar Minggu, Jakarta
  • (+62) 21 22783128

Detail


Pengendalian internal yang Efektif bagi Organisasi Nirlaba Menurut COSO

Training Descriptions

LATAR BELAKANG

Organisasi nirlaba/nonprofit ini memiliki karakterisitik tata kelola organisasi yang khusus dan berbeda dari perusahaan. LSM/CSO/CBO membutuhkan tata kelola yang baik untuk tetap mempertahankan nilai-nilai yang dianut secara organisasional. Prinsip yang digunakan untuk mendukung tata kelola organisasi yang baik yaitu: transparansi, independensi, dan akuntabilitas. Prinsip-prinsip ini mendukung pengelolaan organisasi termasuk keuangan. Para stakeholder memiliki hak untuk mendapatkan informasi keuangan yang relevan secara tepat waktu, akurat, seimbang, dan kontinyu. Perbaikan secara terus menerus perlu dilakukan pada pengendalian internal dan penaksiran resiko dalam organisasi.

Kantor Akuntan Publik (KAP) Heru Satria Rukmana memberikan pelayanan jasa di perusahaan baik Swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pelayanan jasa yang diberikan oleh KAP Heru Satria Rukmana di bidang Audit Umum, Audit Investigasi, Audit Kepatuhan, Audit Kerja, Audit Internal, Agreed Upon Procedure (AUP), Kompilasi dan Reviu serta berbagai jasa konsultasi pada industri khusus bidang Bisnis lain seperti Oil & Gas, Keuangan, dan Perbankan lainnya.

KAP Heru Satria Rukmana membuka Desk NGO dan Development Aid khusus untuk memberikan pelayanan jasa bagi LSM/CSO/CBO di seluruh Indonesia. Desk NGO dan Development Aid mengadakan program pelatihan-pelatihan untuk memberikan pengetahuan kepada LSM/CSO/CBO.

Selanjutnya, untuk lebih mendalami praktek dalam pengelolaan keuangan untuk LSM/CSO/CBO, Desk NGO dan Development Aid akan mengadakan pelatihan di Jakarta.

 

T U J U A N

Tujuan pelaksanaan pelatihan keuangan ini adalah:

  1. Memahami aturan, tata cara, alur dan prosedur audit keuangan bagi organisasi nirlaba.
  2. Mampu mengenali dan mempetakan jenis pengendalian internal dan resiko menurut COSO.
  3. Mampu menentukan dan menghitung imbalan kerja.

 

HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan pelatihan pengelolaan keuangan ini adalah:

  1. Staf administrasi, keuangan, dan Direktur dapat membantu jalannya pemeriksaan yang dilakukan oleh auditor independen. Serta meminimalisir temuan auditor.
  2. Staf administrasi, keuangan, manajemen level atas dan Direktur mampu mengenali dan mempetakan jenis pengendalian internal dan resiko menurut COSO.
  3. Staf administrasi dan keuangan dapat menentukan dan menghitung imbalan kerja.

 

METODE

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komperhensif materi yang disampaikan, sehingga dapat diimplemetasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:

  1. Presentasi
  2. Diskusi
  3. Case Study
  4. Evaluasi

Selain 4 metode diatas, pelatihan ini dikelola oleh trainer, co-trainer/fasilitator, dan didukung oleh narasumber yang kompeten di bidangnya.

 

PESERTA

Peserta yang diharapkan dari pelatihan ini adalah Pimpinan organisasi, Manajer, Supervisor, Staf, dan Internal Auditor baik di bagian keuangan maupun yang berwenang untuk monitoring berjalannya kebijakan di organisasi tersebut.

Training Fee

Rp. 1.500.000
  • TypePelatihan Publik
  • StatusOpen
  • Registration Duedate11 February 2019
  • Payment Duedate11 February 2019
  • Min Quota10
  • Max Quota20

When

  • Date: 18 February 2019
  • Time: 09.00 - 17.00 WIB

Where

  • Location: DKI Jakarta
  • Venue: TBA
  • Map:

Organizer

Trainer

  • To be affirmative

Contact Person


SIGN IN

Forgot Password

479 queries, 0.765 seconds.